Teknik Sablon Kaos

Belajar sablon manual bisa dilakukan bagi Anda yang ingin membuka usaha sablon kaos dengan teknik manual. Meskipun pada dasarnya menyablon memang bukanlah hal yang mudah dilakukan tetapi dengan belajar sablon sendiri pakaian tentu akan membuat Anda bisa belajar secara perlahan cara menyablon manual yang tepat sehingga nantinya dapat menghasilkan sablon yang berkualitas untuk mendukung bisnis sablon yang ingin Anda kembangkan.

 

Belajar Teknik Sablon Kaos Secara Manual

Saat ini bisnis sablon memang selalu banyak peminatnya bahkan sejak dulu hingga kini bisnis sablon tak pernah surut peminat seiring berkembangnya bisnis fashion di tanah air. Salah satu teknik sablon yang masih banyak digunakan meskipun kini perkembangan zaman melahirkan mesin cetak digital yaitu sablon manual. Dengan menggunakan peralatan sederhana, Anda bisa belajar sablon manual dimulai dengan sablon sendiri pakaian Anda.

Bagi Anda yang berencana ingin sablon sendiri pakaian Anda sebagai langkah untuk belajar sablon manual sebaiknya ketahui teknik sablon manual secara tepat dan benar.

Berikut ini akan dijelaskan teknik sablon manual yang bisa Anda praktikkan sebagai langkah untuk membangun bisnis sablon.

  1. Mempersiapkan Peralatan
    Dalam teknik sablon manual, Anda harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena peralatan yang dibutuhkan untuk sablon manual juga tidak terlalu banyak bahkan tergolong sederhana. Peralatan tersebut diantaranya kaos polos yang akan disablon sebagai medianya, tripleks, screen atau rangka yang sudah dilengkapi dengan tampilan gambar yang sudah diafdruk. Rakel yang sudah dipasangi pegangan, tinta sablon, lakban, beberapa lembar plastik, kain perca bahan katun, dan air.
  2. Proses Mencetak
    Jika peralatan sudah siap seluruhnya selanjutnya Anda bisa memulai proses mencetak sablon. Caranya dengan mempersiapkan terlebih dahulu kaos polos lalu masukkan tripleks ke dalam kaos agar tinta sablon tidak merembes ke bagian belakang kaos serta menjaga agar posisi kaos tetap stabil.
    Berikutnya letakkan screen atau kasa pada permukaan kaos dan atur posisi gambar sesuai keinginan. Jika ingin menyablon dengan jumlah warna lebih dari satu sebaiknya tutuplah bagian kaos yang lain agar tidak terkena tinta. Aturlah posisi screen sesuai dengan rencana sablon Anda.
    Sablon sendiri pakaian Anda dilanjutkan dengan menuangkan tinta pada bagian pinggir gambar pada sisi atas menghadap objek gambar tersebut. Lalu tariklah cat sablon untuk mengarahkan ke bawah menggunakan rakel dengan satu tarikan saja. Apabila Anda menyablon hanya untuk satu warna tinta saja langkah tersebut sudah selesai dilakukan dan rangka screen bisa diangkat secara perlahan lalu kaos dikeringkan.
    Apabila ingin dilanjutkan dengan menambah warna lainnya karena lebih dari satu warna, silahkan bersihkan tinta yang sudah melekat dirangka lalu siapkan gambar pada bidang lalu tutupi bagian kaos lainnya dengan plastik atau selotip.
    Kemudian lanjutkan dengan meletakkan kaos yang sudah disablon warna pertama diatas meja lalu aturlah screen. Lakukan langkah ini hingga seluruh warna sudah tersablon.
  3. Proses Akhir
    Langkah belajar sablon manual yang berikutnya adalah mengeringkan kaos dengan menggunakan sinar matahari, kipas angin, blower, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar tinta sablon bisa benar-benar kering sehingga bisa menghasilkan sablon kaos yang halus, berkualitas dan bisa menempel dengan baik.

Bagi Anda yang ingin belajar sablon manual sebaiknya ketahui terlebih dahulu teknik sablon manual seperti yang telah dijelaskan diatas. Pastikan Anda melakukan teknik tersebut secara benar agar hasilnya memuaskan sehingga Anda bisa lebih yakin jika ingin membuka usaha sablon sendiri nantinya

2 thoughts on “Teknik Sablon Kaos

    1. Proses pengeringan yang kurang sempurna
      Tp ini hanya salah satu penyebab sablon luntur tergantung dr bahan,dan proses nya

Leave a Reply