Jenis Sablon yang Bagus dan Awet

Jenis sablon paling bagus ternyata ada beberapa macam. Meskipun orang selama ini mengenal sablon manual saja yang sudah muncul sejak zaman dulu. Namun kini, di era modern teknik sablon sudah banyak berubah.

Kemajuan membuat sablon sudah bukan lagi dicetak secara manual, melainkan telah menggunakan mesin. Bahkan mesin sablon printing itu pun bermacam-macam jenisnya. Ada yang sangat canggih dan ada pula yang semi manual.

Sepanjang sejarah sablon di dunia dan Indonesia, ada 11 macam jenis sablon yang bagus dan awet. Semua jenis sablon paling bagus ini hingga sekarang masih digunakan di industri percetakan.

  1.  Jenis Sablon Manual
    Siapapun pasti sudah tahu tentang jenis sablon manual ini. Merupakan jenis sablon terbaik paling kuno. Segala macam tahapannya dilakukan secara manual oleh manusia. Dengan peralatan sederhana.
  2. Jenis Sablon Polyflex
    Jika sedang mencari jenis sablon yang bagus dan awet, nampaknya Polyflex bisa dipertimbangkan. Ini merupakan teknik sablon dengan 2 jenis mesin, cutting atau printing. Namun kalau yang cutting, hasil pewarnaannya kurang bagus.
  3. Jenis Sablon 3 Dimensi
    Bukan hal yang mustahil dan baru, kalau gambar 3 dimensi dapat dibuat di atas media yang datar. Begitu pun dengan sablon, teknik 3D dapat memberikan kesan hidup pada desain yang tercetak. Sehingga sablon 3D menjadi salah satu jenis sablon paling bagus.
  4. Jenis Sablon Direct to Garment (DTG)
    Sablon DTG sedang booming popularitas. Banyak pengusaha sablon yang beralih ke mesin DTG ini. Karena sangat praktis dan bisa membuat desain apapun yang terhubung ke komputer. Dengan mesin DTG juga memungkinkan pedagang clothing menjual satu baju kepada konsumen. Karena tidak akan rugi berkat mesin praktis ini.
  5. Jenis Sablon Foil
    Jenis sablon foil sangat bagus untuk mencetak desain di kertas atau baju. Sebab akan memberikan efek mengkilat. Kilatan ini hasil dari teknik pelapisan kertas logam.
  6. Jenis Sablon Glitter
    Tidak ada bedanya dengan sablon pada umumnya. Hanya saja jenis sablon yang bagus dan awet ini akan memberikan kesan kerlap-kerlip pada desain yang tercetak. Kerlap-kerlip ini hasil tintanya yang dicampur dengan glitter khusus.
  7. Jenis Sablon Flocking
    Sablon flocking terkenal akan hasilnya yang mewah. Sebab, cetakan desainnya akan timbul dengan bentuk serupa kain juga. Ternyata tinta untuk menyablonnya memang sudah dicampur dengan bahan khusus, semacam ramuan kain beludru.
  8. Jenis Sablon Glow in the Dark
    Memang, sablon di era modern tidak hanya mengandalkan mesin. Namun juga bahan-bahan pembuat tinta. Seperti sablon Glow in the Dark ini akan menghasilkan cetakan desain yang bisa menyala seperti lampu, bila berada dalam ruangan gelap. Ternyata tintanya terbuat dari campuran mineral fosfor. Ini merupakan jenis sablon paling bagus.
  9. Jenis Sablon Plastisol
    Sablon plastisol terkenal dengan kemahalannya. Sebab, jenis sablon ini memiliki tinta khusus dari campuran minyak plastisol. Keunggulannya adalah dapat mencetak desain yang sangat rumit dan kecil-kecil. Hasilnya juga sangat erat dan kuat.
  10. Jenis Sablon Pigmen
    Ini merupakan salah satu jenis sablon terbaik. Pasalnya, hasil cetakannya benar-benar akan merembes menjadi pigmen warna kain. Hanya saja, jenis sablon ini hanya bisa digunakan pada kain putih dan terang.
  11. Jenis Sablon Rubber
    Sesuai dengan namanya, Rubber yang berarti karet. Maka hasil cetakan desain dari sablon ini sangat elastis bagaikan karet. Terasa kenyal kalau disentuh.

Apapun jenis sablonnya, pada pada dasarnya teknik jenis sablon terbaik ini bertujuan untuk mencetak gambar pada media kain, kertas, plastik, aluminium atau yang lainnya. Di mana hasil cetakan akan sama persis dengan desain yang telah dibuat.

Leave a Reply