Jenis Bahan Kain Yang Sering Digunakan Untuk Pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang amat penting, itulah mengapa pakaian menjadi salah satu ikon penjualan yang banyak ditemui di pasaran baik, di pasar biasa, toko, butik, supermarket, mall dan lainnya.  Ada sejumlah kategori kain yang dipakai untuk membuat pakaian. Setiap orangpun memiliki kriteria dan keinginan masing-masing dalam membeli pakaian dengan bahan kain tertentu mulai dari yang mahal hingga yang murah. Sementara itu, bahan kain terbaik dan berkualitas serta murah yang sering menjadi incaran oleh kebanyakan orang.

Sebelum memilih bahan kain yg bagus, ketahui dulu apa saja jenis bahan yang sering dipakai dalam membuat pakaian. Berikut beberapa jenis bahan kain yang umum dan sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat pakaian:

  1. Katun

Katun dibuat dari bahan 100% kapas yang mempunyai serat benang amat halus. Umumnya, katun dipakai untuk membuat sweater dan t-shirt. Ciri dan sifat katun yang relatif halus dan dingin membuat bahan tersebut cocok untuk dipakai ketika sedang dalam suasana semi formal maupun santai. Keunggulannya adalah tidak luntur, mudah menyerap keringat, tidak berbulu, mudah disablon dan tidak mudah kusut.

  1. Brokat

Inilah salah satu jenis kain yang kaya dengan dekorasi seninya dengan pola rumit seperti tanaman, bunga dan pola lainnya. Brokat tidak sama dengan bordir ataupun renda. Umumnya brokat dipakai sebagai bahan membuat kebaya, hal ini tak lepas dari kesannya yang glamor. Bahan kain brokat terdiri dari 3 jenis seperti brokat lokal, brokat semi Prancis dan brokat Prancis.

  1. Lycra atau spandex

Bahan kain spandex adalah serat sintetis yang dibuat dari bahan bersifat elastis. Bahan ini banyak dipakai sebagai bahan membuat pakaian yang membutuhkan elastisitas seperti celana khusus bersepeda, pakaian renang, pakaian senam dan semacamnya. Disamping itu, spandex dipakai juga sebagai bahan membuat pakaian sehari-hari seperti legging, kaos, pakaian dalam dan lainnya karena sangat nyaman dipakai.

  1. Chiffon

Ciri bahan ini yakni halus, sangat ringan dan lemut karena umumnya terbuat dari serat sintetis, katun atau sutera. Karena sifatnya yang begitu halus dan efeknya mengembang, chiffon banyak dipakai sebagai bahan membuat syal, rok, gaun dan blouse.

  1. Drill

Drill adalah kombinasi dari bahan polyster dan katun. Drill terasa lebih nyaman dipakai karena komposisi katunnya lebih banyak dibanding polyster. Jenis bahan ini mempunyai permukaan berserat garis miring. Bahan ini terbagi dalam 3 jenis seperti serta besar atau japan drill, serat sedang atau american drill dan serat kecil atau twill drill.

  1. Satin

Satin dikenal dengan kain kain mengkilap di bagian permukaannya. Satin terbuat dari bahan sutera dan umumnya dipakai untuk membuat gaun pengantin, gaun pesta, lingerie, kemeja, dasi dan sebagainya.

  1. Denim

Umumnya denim dipakai untuk membuat celana jeans. Bahan denim dibagi pada beberapa kategori seperti hard, soft dan lainnya. Bahan ini bisa dibilang sebagai salah satu bahan kain yang bagus dan murah.

  1. Katun rayon

Katun rayon adalah bahan campuran antara katun dengan rayon viscosa dengan bahan dasar kayu. Katun rayon umumnya dipakai untuk membuat pakaian jenis kemeja. Jenis bahan ini mudah kusut dan cenderung lebih kaku daripada katun tetapi lebih ringan daripada bahan spandex.

Itulah beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan untuk pakaian. Selanjutnya, lekas berburu bahan kain yang bagus dan murah diantara jenis-jenis bahan kain yang anda butuhkan dan inginkan. Pilihan bahan kain terbaik dan berkualitas akan semakin sempurna dengan hasil pakaian yang bagus dan berkualitas pula.

Leave a Reply