Cara Merawat Kaos Bersablon

Perawatan kaos sablon mungkin masih jarang diperhatikan oleh banyak orang. Tak jarang kaos sablon yang dimiliki akhirnya mudah rusak terutama dibagian sablonnya. Sebetulnya dengan merawat kaos sablon secara benar dan tepat bisa membuat kaos tersebut bertahan lama dan akan bisa terus digunakan melengkapi penampilan Anda karena sebetulnya kaos terutama bahan cotton combed membutuhkan perawatan khusus.

 

Cara Mudah Merawat Kaos Bersablon   

Memakai kaos untuk aktivitas sehari-hari memang begitu nyaman terlebih kaos bahan cotton combed. Kebanyakan kaos tersebut dihiasi dengan sablon agar semakin menarik dan tak tampak polosan saja. Saat ini berbagai merek kaos terkenal telah menggunakan sablon dengan tinta yang berkualitas serta bahan kaos yang nyaman. Pastinya kaos tersebut nyaman dan membuat penampilan Anda semakin terlihat gaya.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebetulnya perawatan kaos sablon membutuhkan perawatan agar sablon lebih tahan lama serta warna pakaian tidak mudah pudar. Tak jarang kaos bermerek dengan harga yang mahal akhirnya mudah rusak karena perawatan yang salah. Berikut ini akan dijelaskan cara perawatan kaos sablon sebagai upaya merawat warna pakaian dan agar sablon lebih tahan lama.

  1. Jangan merendam terlalu lama
    Perawatan kaos cotton combed agar warnanya tidak mudah pudar serta sablonya tahan lama bisa Anda lakukan dengan merendam kaos bersablon maksimal 30 menit. Kebiasaan merendam baju secara campur-campur sebetulnya tidak baik terlebih jika merendamnya terlalu lama. Hal ini bisa berdampak pada penyerapan air yang terlalu banyak sehingga kaos akan mudah rusak, berjamur dan belel.
  2. Jangan gunakan kaos bersablon untuk berenang
    Sebagian orang mungkin kurang memperhatikan kebiasannya menggunakan kaos bersablon untuk berenang. Meskipun terlihat sepele tetapi berenang menggunakan kaos bersablon akan membuat sablon menjadi cepat rusak karena kandungan kaporit yang bersifat reaktif terhadap tinta sablon dan katun.
  3. Jangan dicuci menggunakan mesin cuci
    Perawatan kaos sablon sangat penting ketika mencuci. Sebaiknya jangan gunakan mesin cuci untuk emncuci kaos bersablon karena akan membuat sablon dan kaos tersebut mudah rusak. Disarankan untuk mencuci kaos sablon dengan merendamnya sebentar lalu kucek-kucek perlahan dan jangan mengucek pada bagian sablonnya. Hindari pula menyikat kaos dibagian sablonnya karena akan merusak sablon kaos tersebut.
  4. Jemur dengan dengan kondisi terbalik
    Untuk merawat warna pakaian sebaiknya serta merawat sablon kaos tersebut sebaiknya jemurlah pakaian dengan kondisi terbalik. Hindari kebiasaan menjamur kaos bersablon dengan menjemur bagian sablon dibagian luar karena akan membuat sablon tersebut terpapar langsung sinar matahari. Akibatnya bagian sablon tersebut akan lebih mudah retak dan rusak. Selain itu menjemur dengan kondisi tidak dibalik akan membuat warna kaos menjadi lebih cepat pudar dan terlihat kusam.
  5. Jangan disetrika secara langsung
    Untuk merawat pakaian yang bersablon sebaiknya ketika menyetrika upayakan untuk menyetrika bagian dalam kaos saja. karena kaos bagian dalam tersebut tidak bersentuhan langsung dengan sablon. Bisa juga dengan menggunakan alas kain saat menyetrika kaos bersablon agar menghindarkan kontak suhu panas dengan sablon tersebut. Kebanyakan kaos-kaos yang berkualitas terdapat petunjuk perawatan kos sehingga Anda akan lebih mudah ketika menyetrikan kaos tersebut.

Bagi Anda yang gemar memakai kaos sebaiknya perhatikan cara perawatan kaos sablon seperti yang dijelaskan diatas. Dengan merawat kais secara tepat pastinya akan membuat kaos bersablon lebih tahan lama. Terlebih saat ini berbagai merek produk kaos semakin menjamur di pasaran dari harga yang terjangkau hingga yang paling mahal.

Dengan memilih kaos sablon berkualitas dan merawatnya secara tepat Anda bisa terus tampil gaya memakai kaos untuk penampilan sehari-hari.

Leave a Reply